Access to Care and Continuity of Care (ACC)
Gambaran umum
Sebuah rumah sakit harus memandang perawatan yang diberikannya sebagai bagian dari suatu sistem terpadu yang mencakup: layanan, pekerja dan profesional kesehatan, serta pelbagai level perawatan. Semua itu merupakan suatu perawatan berkelanjutan (continue of care). Tujuannya adalah mencocokkan kebutuhan pasien dengan layanan yang tersedia, mengkoordinasikan layanan di rumah sakit kepada pasien untuk kemudian merencanakan pemulangan serta proses perawatan selanjutnya. Hasilnya adalah perbaikan hasil perawatan dan pemanfaatan sumber daya yang ada secara lebih efisien.
Informasi menjadi sangat penting untuk mengambil keputusan tepat tentang
kebutuhan pasien yang dapat dipenuhi rumah sakit;
layanan yang efisien kepada pasien, dan
pemulangan atau perujukan kelokasi perawatan lain
Standar
Berikut adalah daftar semua standar fungsi tersebut. Demi kenyamanan Anda, daftar diberikan tanpa menyebutkan maksud dan tujuan atau elemen penilaiannya. Informasi lebih lanjut mengenai standar-standar itu, silakan melihat bagian berikutnya yang membahas Standar, Tujuan, dan Elemen Penilaian.
Penerimaan dalam Rumah sakit
APKP.1 Pasien diterima untuk rawat inap atau didaftarkan sebagai pasien rawat jalan berdasarkan
kebutuhan perawatan kesehatan mereka dan misi serta sumber daya rumah sakit.
APKP.1.1 Rumah sakit memiliki proses penerimaan pasien rawat inap dan pendaftaran pasien
rawat jalan.
APKP.1.1.1 Pasien dengan kebutuhan darurat, mendesak, atau segera, diberi prioritas
untuk asesmen dan pengobatan.
APKP.1.1.2 Kebutuhan pasien akan layanan preventif, kuratif, paliatif, dan rehabilitatif
diprioritaskan berdasarkan kondisi pasien pada saat masuk rumah sakit
sebagai pasien rawat inap.
APKP.1.1.3 Rumah sakit mempertimbangkan kebutuhan klinis pasien ketika ada sela
masa penantian atau kelambatan layanan diagnostik dan/atau perawatan.
APKP.1.2 Ketika masuk sebagai pasien rawat inap, pasien dan keluarganya diberi tahu tentang
perawatan yang diusulkan, hasil yang diharapkan dariperawatan, dan berapa
perkiraan biayaperawatannya.
APKP.1.3 Rumahsakit berupaya mengurangi hambatan fisik, bahasa, budaya, dan hambatan
lainnya dalam pengaksesan dan pemberian layanan.
APKP.1.4 Penerimaan atau pemindahan atau dari unit yang menyediakan layanan intensif atau
layanan khusus ditentukan kriteria tertentu.
Perawatan Berkelanjutan
APKP.2 Rumah sakit merancang dan melaksanakan proses agar dapat memberikan layanan perawatan
Pasien yang berkesinambungan di rumah sakit dan mengoordinasikan kerja antarpraktisi perawatan kesehatan.
APKP.2.1 Selama semua fase rawat inapnya, selalu adaindividu andal tertentu yang dipasrahi
tanggungjawabatas perawatan pasien tersebut.
Pemulangan, Rujukan dan Tindak-lanjut
APKP.3 Ada panduan kebijakan tentang rujukan atau pemulangan bagi pasien.
APKP.3.1 Rumah sakit bekerja sama dengan praktisi kesehatan dan instansi luaruntuk
Memastikan rujukan yang sesuai dan tepat waktu.
APKP.3.2 Catatan data klinis pasien rawat inap berisi salinan resume medis pasien pulang.
APKP.3.2.1 Resume medis pasien pulang untuk pasien rawat inap telah dilengkapi.
APKP.3.3 Rekam medis pasien rawat jalan yang mendapatkan perawatan berkelanjutan berisi
rangkuman seluruh diagnosis signifikan yang diketahui, alergi obat, obat-obatan yang sedang dikonsumsi, dansetiap prosedur pembedahan dan rawat inapyang pernah dijalani.
APKP.3,4 Pasien dan, bilasesuai, keluarganya, diberi instruksi tindak-lanjut yang bisa dipahami.
APKP.3.5 Rumah sakit memiliki proses untuk mengelola dan menindaklanjuti pasien yang pulang
tanpa izin dokter.
Rujukan Pasien
APKP.4 Pasien dirujuk kerumah sakit lain berdasarkan status dankebutuhan untukmemenuhi keperluan
perawatan yang berkelanjutan.
APKP.4.1 Rumah sakit perujuk menentukan bahwa rumah sakit penerima dapat memenuhi
kebutuhan pasien akan perawatan yangberkelanjutan.
APKP.4.2 Rumah sakit penerima diberi rangkuman tertulis tentang kondisi klinis pasien dan
intervensi atau tindakan yangtelah dilakukan rumah sakitperujuk.
APKP.4.3 Selama proses pemindahan, seorang stafyang andal memantau kondisi pasien.
APKP.4.4 Proses pemindahan ini didokumentasikan dalam rekam medis pasien
Transportasi
APKP.5 Proses untuk merujuk, memindahkan, atau memulangkan pasien, baik rawat inap
maupun rawatjalan, mencakup perencanaan transportasinya.
Standar, Maksud dan Tujuan, serta Elemen Penilaian
Penerimaan ke Rumah sakit
Standar APKP.1
Pasien diterima sebagai pasien rawat inap atau didaftar untuklayanan rawat jalan berdasarkan kebutuhan perawatan kesehatan mereka yang teridentifikasi dan misi sertasumber daya rumahsakit.
Maksud dan Tujuan APKP.1
Mencocokkan kebutuhan pasien dengan misi dan sumber daya rumah sakit tergantung pada perolehan informasi tentang kebutuhan dan kondisi pasien melalui skrining, biasanya pada pertemuan pertama. Proses skrining ini dapat melalui kriteria triase, evaluasi visual, pemeriksaan fisik, atau hasil-hasil pemeriksaan sebelumnya yang terkait fisik, psikologi, dan laboratorium klinis, atau evaluasi pencitraan diagnostik. Proses skrining ini bisa dilakukan disumber daya perujuk, selama transportasi darurat, atau ketika pasien tiba di rumah sakit. Yang penting, keputusan untuk mengobati, memindahkan, atau merujukdilakukan hanya setelah hasil evaluasi skrining tersedia. Hanya pasien yang bisa ditangani oleh rumah sakit dengan menyediakan layanan yang dibutuhkannya dan konsisten dengan misi rumah sakitlah yang dipertimbangkan sebagai pasien rawat inap atau didaftarkan sebagai pasien rawat jalan. Bila rumah sakit membutuhkan tes skrining tertentu atau evaluasi sebelum penerimaan atau pendaftaran, hal ini dinyatakan dalam kebijakan tertulis.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Standar, Maksud dan Tujuan: Akses ke Perawatan dan Kesinambungan Perawatan (APKP) di blog Akreditasi JCI Rumah Sakit - Contoh Dokumen Akreditasi RS jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.
1 comments :
Harrah's Cherokee Casino Resort - Mapyro
BalasGet 경산 출장마사지 directions, reviews and information for Harrah's 고양 출장안마 Cherokee Casino 논산 출장샵 Resort in Cherokee, NC. 진주 출장안마 Location. Casino. Hotel. Rating: 이천 출장마사지 4.2 · 4 votes