Powered by Blogger.

PAKET WISATA SERU UNTUK PESERTA PELATIHAN AKREDITASI

Contoh Dokumen Manajemen dan Penggunaan Obat-Obatan(MPO)

Berikut Sekilas tentang  Dokumen Manajemen dan Penggunaan Obat-Obatan(MPO). Sebagaimana ita tahu bahwa Obat-obatan didefinisikan sebagai obat-obatan dengan resep dokter; obat-obat sampel; obat herbal; vitamin; suplemen nutrisi (nutriceuticals); obat-obat bebas yang tidak memerlukan resep dokter; vaksin; atau zat diagnostik dan kontras yang digunakan atau diberikan pada pasien untuk keperluan diagnosis, mengobati, atau untuk mencegah penyakit atau kondisi abnormal lainnya; obat-obat radioaktif; pengobatan terapi pernapasan; nutrisi parenteral; derivatif darah; dan cairan infus (biasa, dengan elektrolit dan/atau obat).

Pengaturan dan Manajemen
MPO.1  Obat-obatan yang digunakan di dalam rumah sakit sesuai dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku dan diatur untuk memenuhi kebutuhan pasien.
MPO.1.1   Ahli farmasi atau teknisi yang memiliki lisensi yang sesuai, atau profesional terlatih lainnya mengawasi pelayanan farmasi atau yang berkaitan dengan farmasi.

Pemilihan dan Pengadaan
MPO.2  Pilihan obat-obatan yang tepat untuk peresepan atau permintaan ada dalam persediaan atau dapat tersedia dengan mudah.
MPO.2.1 Terdapar suatu metode untuk mengawasi daftar obat-obatan rumah sakit dan penggunaan obat-obatan.
MPO.2.2  Rumah sakit dapat dengan segera memperoleh obat-obatan yang tidak ada dalam persediaan atau tidak biasa tersedia bagi rumah sakit atau pada saat-saat dimana apotek tutup.

Penyimpanan
MPO.3  Obat-obatan disimpan dengan baik dan aman.

MPO.3.1  Kebijakan tumah sakit mendukung penyimpanan obat-obatan dan produk-produk nutrisi yangdapat dipakai secara tepat.
MPO.3.2  Obat-obatan untuk keadaan darurat tersedia, terpantau, dan aman apabila disimpan di luar farmasi rumah sakit.
MPO.3.3    Rumah sakit memiliki sistem penarikan kembali obat-obatan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Contoh Dokumen Manajemen dan Penggunaan Obat-Obatan(MPO) di blog Akreditasi JCI Rumah Sakit - Contoh Dokumen Akreditasi RS jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :